Thursday, June 12, 2014

Burn the ship

Salah satu metode untuk meningkatkan motivasi, dimana tidak ada cara lain untuk tidak sukses mengejar mimpi. Tetapi apakah itu hal yang bijak dilakukan di masa kini. Yang mengatakan tidak bijak mungkin termasuk pemain aman. Dimana akan selalu membuat rencana a, b, c, d dalam mencapai suatu tujuan. Banyak jalan menuju roma katanya..
Cara seperti ini menjadi menarik karena selalu memiliki strategi keluar apabila suatu rencana tidak berjalan lancar. Tetapi, bagi sebagian orang, metode ini bisa menjadi masalah. Fokus untuk mengerjakan sesuatu akan rendah. Motivasi untuk menyelesaikan rencana akan rendah, karena merasa bahwa ada jalan keluar.
Bagi orang yang memilih strategi bakar kapalnya biasanya termasuk pengambil resiko. Cerita cerita orang sukses yang mengambil resiko ini banyak sekali, tetapi tidak ada cerita orang yang gagal.
Cerita sukses merupakan cerita laris, dicari orang. Sehingga cerita tersebut banyak sekali dibuat dan dipublikasikan. Sedangkan cerita gagal sangat sedikit yang mau membaca. Sehingga orang yang mau menulisnya, menceritakannya juga terbatas. Hal ini menyebabkan cerita kegagalan sangat sedikit. Bisa juga karena sudah gagal, dan disebabkan karena tidak memiliki rencana cadangan, maka yang bersangkutan sudah putus asa. Cerita berakhir, begitu katanya.
Bijak memilih cara hidup dapat menentukan hasil. Entah itu biasa saja... Sukses.. Atau gagal..
Mau jadi apa anda...


No comments:

Post a Comment