Saturday, July 12, 2014

Teknologi Masa Depan AMD, Serunya Game untuk Semua Orang

Gaming itu seru lho. Banyak sekali keasikan yang ditawarkan dengan game. Dengan game simulasi pesawat kita bisa secara real time mejajal serunya menerbangkan pesawat Boing 737, atau dengan game arcade pesawat tempur, kita bisa merasakan serunya bermanuver di angkasa dengan pesawat SU-30. Dengan game First Person Shooter, kita bisa merasakan menjadi Tentara berteknologi tinggi, menyerang dengan Drone, bersenjatakan senapan AK47 yang terkenal ganas, ataupun refile Dragunov jadul dari Rusia. Bertualang sebagai Lara Croft di negri antah berantah, tentu akan memompa adrenalin yang luar biasa.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam gaming kelas atas diperlukan sistem yang tepat. Sistem gaming kelas atas pada saat ini terbagi menjadi dua segmen. Segemen pertama adalah PC (termasuk di dalamnya adalah Desktop dan Laptop), segmen kedua adalah Console. Segmentasi ini diperlulan untuk membedakan peruntukan dari sistem tersebut. PC cenderung multi role, sedangkan console cenderung single role untuk gaming.

Tidak mengesampingkan komponen lain dari sistem gaming, jantung utama sistem gaming adalah CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphical Processing Unit). CPU merupakan otak dari sistem yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan pengolahan data yang bervariasi. Sedangkan GPU merupakan bagian dari  otak sistem yang bertugas mengolah informasi gambar sebagai data yang seragam.

Membangun sebuah sistem gaming yang handal untuk gaming membutuhkan biaya. akan tetapi AMD (Advanced Micro Devices) menghadirkan solusi yang sangat beragam untuk membangun sistem gaming. Pada sistem PC, AMD menghadirkan inovasi masa depan dalam bentuk Processor APU (Accelerated Processing Unit) yang secara brilian menggabungkan CPU dengan GPU menjadi suatu unit yang memiliki kemampuan computing yeng memadai untuk gaming dan GPU yang mencukupi untuk menghasilkan daya pengolahan gambar yang baik.

Box Prosesor APU 
(dokumentasi pribadi)

Prosesor APU

Penggabungan GPU dan CPU tersebut dimungkinkan dengan menggunakan sebuah arsitektur yang disebut HSA (Heterogenous System Architecture) yang memungkinkan CPU dan GPU untuk bekerja sama dalam mengolah data pada game, setipe, atau bervariasi.

Ilustrasi Teknologi di dalam Prosesor APU

Penggunaan APU ini memungkinkan gamer untuk memiliki sistem dengan harga yang terjangkau. Pada toko komputer online yang populer di Indonesia, jangkauan harga APU terbaru Kaveri seri A4, A6, A8, A10 bervariasi dari Rp. 487.000 hingga Rp. 1.969.000 pada tanggal 11 Juli 2014. Penggunaan APU ini sangat ekonomis, apabila gamer membeli unit CPU dan GPU tersendiri dengan keseruan gaming yang setara, dana yang dibutuhkan lebih tinggi dibanding menggunakan APU. Benchmark APU dibandingkan Processor Intel dapat diamati pada web ini

Gamer yang gemar bermain game di laptop juga diuntungkan dengan penggunaan teknologi APU ini. Prototype Laptop terbaru dari AMD menggunakan FX-7600P APU dengan kode name Bald Eagle.

Gambar Laptop Prototype dengan layar 15"
(dokumentasi pribadi)


Prototype ini menunjukkan performance yang luar biasa, menjalankan game Battlefield dan Tomb Raider seting medium dapat mengasilkan permainan yang mulus. Gaming laptop yang biasanya tebal, dangan penggunaan procesor ini dapat menghemat penggunaan pendingin dan ruang untuk GPU tambahan, sehingga dimensi laptop yang dihasilkan dapat tipis hingga hanya 1 cm. Kaveri untuk laptop ini juga menggunakan teknologi Motion gesture, yang memungkinkan gamer mengoperasikan laptopnya dengan bantuan jari, seperti pada film Minority Report, teknologi masa depan telah hadir sekarang !

Ilustrasi Film Minority Report yang telah hadir sekarang


Motion Gesture Performance
(dokumentasi pribadi)


Penggila Game yang memiliki budget lebih dapat memilih penggunaan GPU terpisah untuk menghasilkan pengalaman gaming yang lebih seru. Fitur-fitur yang ada di dalam Kartu Grafis AMD antara lain 

Mantle Technology
Merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mengoptimalkan kinerja GPU untuk menghasilkan kinerja tinggi.

Ilustrasi cara kerja Mantle

Ilustrasi peningkatan performance pada penggunaan Mantle pada game Battlefield 4


Ultra Resolution Gaming
Game dengan VGA AMD R9 dan R7 tertentu dapat menggunakan resolusi 4k, yang lebih tinggi dari Full HD. penggunaan fitur ini memungkinkan gambar game yang tajam dan sangat halus. 

Gambar Alva menikmati game battlefield 4 pada resolusi 4k
(dokumentasi pribadi)

Gambar Andhee memainkan game battlefield 4 pada resolusi 4k
(dokumentasi pribadi)

AMD Eyefinity Technology
teknologi ini memungkinkan gamer untuk memainkan game dengan layar yang banyak, hingga 6 layar. 
Gambar penerapan AMD Eyefinity Technology
(dokumentasi pribadi)

AMD CrossFire™ technology
Ingin tenaga lebih ? Gamer dapat menggunakan lebih dari satu GPU, penggunaan hingga 4 GPU untuk menghasilkan gamber ultra detail pada resolusi super besar hingga 8K.

Ilustrasi Crossfire pada AMD R9 209X


AMD juga menyediakan berbagai fitur lainnya seperti AMD App Acceleration untuk mengoptimalkan GPU pada aplikasi tertentu, AMD PowerTune technology memppercepat GPU pada saat bermain game, AMD ZeroCore technology untuk menurunkan daya GPU saat tidak digunakan, AMD HD3D technology untuk bermain game 3 Dimensi, AMD TrueAudio technology untuk menghasilkan suara yang enak dinikmati saat bermain game.

Setiap Pembelian AMD Grafis, AMD memberikan gratis game lewat program "NEVER SETTLE FOREVER", game game yang diberikan tersebut merupakan game terbaru yang sudah dioptimasi untuk AMD. 
Ilustrasi Radeon Rewards

Menariknya fitur-fitur yang disediakan oleh AMD menarik para developer game untuk membuat game yang dioptimalkan dengan Mantle. berikut adalah daftar game yang optimal dengan Mantle




sedangkan game masa depan yang akan release antara lain Sid Meier’s Civilization:  Beyond Earth
Star Citizen, Dragon Age: Inquisition, Battlefield: Hardline, Offworld Trading Company, Mass Effect, Mirror’s Edge, Star Control, Star Wars: Battlefront, Rise of the Tomb Raider, Sims 4, Dying Light. Dengan banyaknya game tersebut, produsen VGA pun berlomba lomba membuat VGA andalan mereka, berikut adalah beberapa diantaranya.

HIS dengan IceQX2 yang mampu meredam panas dengan efektif
(dokumentasi pribadi)

PowerColor dengan dual fan dan heat pipe besar
(dokumentasi pribadi) 

Shapire dengan tripel fan
(dokumentasi pribadi)

Gigabyte dengan Winforce yang fenomenal
(dokumentasi pribadi)



penggunaan Prosesor dedicated juga akan sangat membantu kinerja sistem game yang dibangun, AMD dengan prosesor seri FX dengan 8 core dan kecepatan 5 Ghz akan menghasilkan kinerja sistem game yang luar biasa.

Gambar Box Processor AMD FX Black Edition
(dokumentasi pribadi)



Untuk gamer yang lebih sukamenggunakan consol, disebutkan bahwa console modern terbaru dari Microsoft yaitu Xbox One dan Playstation 4 dari Sony menggunakan AMD Jaguar dengan delapan inti memungkinkan console tersebut menghasilkan gambar yang tanpa jeda.

Ilustrasi penggunaan AMD pada Xbox dan Playstation 4

so, siapapun anda, dengan teknologi masa depan AMD akan dapat merasakan serunya bermain game.

Ilustrasi beragamnya gamer pengguna AMD


Pustaka
http://www.jagatreview.com/ 
http://www.amd.com/
http://en.wikipedia.org/
http://rakitan.com/
http://www.extremetech.com/
http://www.gizmag.com/
http://videocardz.com/


3 comments:

  1. saya setuju memang benar processor amd cocok untuk bermain game dengan budget yang relatif murAah dibanding intel tapi memiliki performa yang baik

    ReplyDelete
  2. Setuju.......Sy juga AMD Fanboy......
    MAJU untuk AMD...!!!!

    ReplyDelete
  3. Setuju.......Sy juga AMD Fanboy......
    MAJU untuk AMD...!!!!

    ReplyDelete