Sunday, September 7, 2014

Pelatihan HACCP untuk Rumah Sakit



Instalasi Gizi di Rumah Sakit merupakan salah satu unit yang memproduksi makanan dalam jumlah besar dengan konsumen pasien di rumah sakit tersebut. kondisi tersebut membuat persyaratan makanan yang diproduksi harus memenuhi berbagai macam persyaratan, antara lain gizi, rasa, keamanan. Untuk meyakinkan kamanan makanan yang disajikan ada berbagai macam pendekatan yang dapat dipilih. salah satu pendekatan yang banyak digunakan adalah HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). sebelumnya HACCP telah digunakan NASA untuk memastikan keamanan makanan untuk awak antariksa. perkembangannya juga digunakan untuk industri makanan, dan akhir-akhir ini mulai diterapkan untuk industri katering, retail, dan rumah sakit.

Pada kesempatan ini Fitriyono Ayustaningwarno STP., MSi bergabung dengan tim QuaRance-IncuBie-LPPM IPB melakukan Pelatihan HACCP for Hospital untuk Sertifikasi Personil Penanggung Jawab Keamanan Pangan di Rumah Sakit pada tanggal 2 - 5 September 2014 sebagai rangkaian In House Training HACCP di RSUP dr. Kariadi Semarang.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 Staff Instalasi Gizi, 3 orang Staff Instalasi Pemeliharaan Sarana dan Sanitasi, 1 orang staff Unit Layanan Pengadaan (ULP), dua orang staff PPI, satu orang staff SDM. Sebagai Narasuber Pelatihan ini yaitu Ir. Heru Sumaryanto MSi dari QuaRance, IPB, Ir. Yus Elidawati dari PT Simba Indosnack Makmur, Prof.Dr. Ir Achmad Sulaiman MSc dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, dan Fitriyono Ayustaningwarno STP., MSi dari Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.

Peserta pelatihan ini diberi pelatihan HACCP selama empat hari dengan materi Pre-Requisite Program HACCP, Good Catering Practices, Manual HACCP, Prinsip-prinsip HACCP dan Kunjungan langsung ke lokasi Instalasi Gizi. Setelah mengikuti pelatihan ini, Peserta diharapkan mampu menyusun dokumen Manual HACCP, mempersiapkan sertifikasi HACCP, dan menerapkan HACCP di lingkungan Instalasi Gizi, RSUP Kariadi. Pelatihan ini diharapkan juga merupakan percontohan bagi penerapan HACCP di Instalasi Gizi yang ada di seluruh Indonesia.

Bagi para praktisi yang tertarik untuk melakukan pelatihan HACCP ini dapat mengikutinya dengan kuota 30 peserta setiap kali pelatihan. dapat menghubungi Fitriyono Ayustaningwarno STP., MSi  di fansaviola@yahoo.com dan 08112777196




materi
1

No comments:

Post a Comment