Tuesday, April 7, 2015

Hari Kesehatan Dunia 2015


.





Hari Kesehatan Dunia tiba pada hari ini 7 April 2015. slogan yang diusung oleh WHO adalah dari ladang pertanian hingga piring untuk menghasilkan makanan aman. Keamanan Pangan. dalam press release dari WHO disebutkan bahwa data terbaru dari bahaya yang disebabkan oleh keracunan pangan menekankan ancaman global yang ditimbulkan oleh makanan yang tidak aman. Untuk itu perlu penanganan yang menyeluruh pada setiap rantai pangan, secara terkoordinasi, dan jika perlu lintas perbatasan.

Direktur Umum WHO, Dr Margaret Chan menyebutkan bahwa masalah keamanan pangan pada tingkat lokal dapat secara cepat menjadi bahaya internasional. penyelidikan wabah keracunan makanan lebih komplek saat pada sebuah kemasan makanan mengandung bahan baku dari berbagai negara.

Pada penelitian kemanan pangan yang dilakukan oleh Kelompok yang diinisiasi oleh WHO Foodborne Disesase Burden Epidemiology Reference Group (FERG) disebutkan bahwa
1. Diperkirakan ada 582 juta kasus dari 22 jenis penyakit entrik karena keracunan pangan yang berbeda dan 351000 menyebabkan kematian
2. penyebab penyakit entrik yang bertanggung jawab pada sebagian besar kematian adalah Salmonella typhi (52.000 kematian), diikuti oleh Enteropathogenic E.coli (37000), dan norovirus (35.000).
3. wilayah afrika memiliki kasus terbanyak, diikuti oleh Asia Tenggara
4. Lebih dari 40% orang yang menderita karena penyakit entrik karena makanan terkontaminasi adalah balita.

makanan tidak aman juga menyebabkan resiko ekonomi, khususnya di dunia global. Wabah E.coli pada tahun 2011 di Jerman dilaporkan terjadi kerugian petani dan industri sebanyak US$ 1.3 millyar, dan menyebabkan kewajiban untuk membayar US$ 236 juta kepada 22 anggota Europe Union.

langkah langkah yang dapat dilakukan dapat diamati pada gambar dan video berikut ini















No comments:

Post a Comment