Thursday, August 6, 2015

Benarkah Klorofil Bisa Sembuhkan Penyakit?

Klorofil terdapat di sayuran berwarna hijau. (Flickr/Daniella_Segura)

Merupakan hasil wawancara dengan 1health.Beritasatu.com

14 Juli 2015 16:00:00By : IlhamdiAkhir-akhir ini, klorofil sedang naik daun karena ketenarannya yang dianggap bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Klorofil sebetulnya merupakan zat hijau daun yang banyak ditemukan pada tumbuh-tumbuhan.Bagi tumbuhan, klorofil digunakan sebagai 'makanan' mereka. Sementara, sebagian orang menganggap bahwa klorofil merupakan salah satu 'obat' yang bisa menyebuhkan penyakit ganas. Klorofil yang kini banyak ditemui dalam bentuk suplemen ini dipercaya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.


Menurut Fitriyono Ayustaningwarno, STP, MSi, ahli gizi dari Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang, klorofil memang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sebab kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Namun, untuk menyembuhkan penyakit belum ada penelitian yang bisa membuktikannya."Hingga saat ini, manfaat klorofil yang paling besar adalah sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan terjadinya akibat penuaan dini. Namun  belum ada penelitian yang lebih dalam tentang manfaat klorofil untuk menyembuhkan beragam penyakit seperti kanker atau batu ginjal," ungkap Ayusta.Ayusta menambahkan, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa dalam kondisi tertentu klorofil justru dapat memicu terjadinya pertumbuhan kanker. Salah satunya akibat cara yang kurang tepat dalam mengonsumsi klorofil. Anda juga perlu waspada saat memutuskan untuk mengonsumsi klorofil. Sebab meskipun memberikan manfaat, klorofil juga menyimpan bahaya bagi tubuh.Konsumsi klorofil lebih dari 300 miligram/kilogram ternyata dapat memicu terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, klorofil juga akan berbahaya bila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain yang digukan untuk menyembuhkan penyakit.Sehingga, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat klorofil adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk alami. Anda bisa mendapatkan klorofil alami dari sayuran hijau. Lagipula, bila tak diperlukan suplemen bukan merupakan hal wajib yang harus dikonsumsi. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.


Konsultasi: Fitriyono Ayustaningwarno, STP, MSi, dari Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang.
sumber : http://1health.beritasatu.com/id/article/category/health-a-z/benarkah-klorofil-bisa-sembuhkan-penyakit-930.html 

No comments:

Post a Comment