Thursday, August 20, 2015

bersepeda di wageningen

rambu jalan bagi sepeda motor dan sepeda (kolpri)

bersepeda di wageningen merupakan pengalaman yang menyenangkan. sepeda menjadi transportasi utama di belanda. kepa bisa begitu, karena sebagian besar permukaan di belanda rata, sedikit bukit, gunung. sehingga bersepeda tidak membutuhkan energi ekstra. seperti halnya lalulintas di belanda. bersepeda di wageningen juga di posisi kanan. jika ingin menyebrang yang dilakukan adalah tengok kiri, baru tengok kanan.




jalan di wageningen sebagian besar memiliki jalur khusus sepeda. letaknya ada di kanan jalan, seringkali dari jalan mobil dipisahkan oleh pohon dan semak. jalur sepeda ini biasanya berwarna merahatau hijau. seringkali pula ukuran jalan untuk mobil sama dengan ukuran jalan untuk sepeda. bisa dibayangkan istimewanya bersepeda di wageningen. Satu jalan sepeda kadang kala dapat digunakan dua arah, atau satu arah. har ini perlu diperhatikan agar tidak salah masuk.

jalan kiri untuk mobil, jalan tengah untuk sepeda, jalan kanan untuk pejalan kaki (kolpri)


hal yang perlu diperhatikan pula dalam bersepeda adalah bundaran/roundabout. sepeda juga memiliki jalur khusus untuk memutar. putaran mengikuti arus jarum jam.

bersepeda menjadi semakin nyaman karena sikap berlalulintas yang sangat baik di wageningen. mobil sangat mendahulukan sepeda atau pejalan kaki dalam berlalu lintas, terutama di persimpangan. mereka akan sangat berhati hati dan mendahulukan pengguna jalan lainnya untuk lewat. Perlu diperhatikan adalah keberadaan motor yang boleh melalui jalur sepeda.

kepatuhan terhadap rambu lalu lintas juga tinggi, walaupun hampir tidak pernah dijumpai ada polisi lalulintas. di persimpangan jalan misalnya. apabila lampu merah, maka mobil akan berhenti di belakang garis pembatas. sedangkan sepeda dan pejalan kaki harus menekan tombol untuk meminta prioritas untuk menyebrang. pada sebagian besar lampu lalu lintas di persimpangan besar memiliki penanda waktu kapan bisa menyebrang, sehingga penyebrang ada persaan kepastian. bagi penyebrang pejalan kaki juga disediakan penanda waktu berupa suara bib. suara bib lambat berarti belum boleh menyebrang. bungyi bib cepat berarti boleh menyebrang.

karena sepeda merupakan transportasi yang disukai semua orang. maka hampir semua orang di belanda memiliki sepeda. hasilnya jumlah sepeda menjadi sangat banyak. tidak semua orang memiliki perhatian terhadap sepeda yang dimilikinya tersebut. hal ini menyebabkan tingginya tingkat kehilangan sepeda di wageningen. untuk itu yang perlu dilakukan adalah memberi gembok pada setiap roda dan apabila diparkir di tempat penyimpanan sepeda, ada baiknya digembok ke tiang tempat penyimpanan sepeda tersebut.

gambar kunci belakang (kolpri)

gambar kunci depan (kolpri)


berkendara dengan sepeda harus dibuat senyaman mungkin. untuk itu sepeda belanda rata rata memiliki stang lengkung, atau yang dikenal di indonesia adalah sepeda kebo. dengan stang bengkok maka pengemudi tidak perlu membungkuk dalam mengemudi. sehingga bersepeda berlama lama menyadi nyaman dan ergonomis.

sepeda di belanda memiliki sistem gear yang unik. yang disebut sistem gear hub. tidak seperti sistem gear sepeda di indonesia, yang terlihat di luar. sistem ger hup ini terletak di dalam, di dalam tromol ban belakang. hal ini menguntungkan, karena akan terlindungi dari kotoran, dan lebih awet. rasio yang dimiliki biasanya adalah 3 dan 7 rasio. pada sepeda yang lebih baru bisa dijumpai hingga 14. akantetapi bagi yang menginginkan rasio yang lebih tinggi, yang berarti lebih cepat, harus memilih gear standard, 21 gear yang terletak di luar.
gear switch pada handle sepeda (kolpri)


sepeda di belanda juga memiliki berbagai maca sistem rem. rem dengan sepatu di rim roda, atau disebut rim brake, rem tromol, rem pedal, dan disk brake. karena kondisi cuaca yang sangat bervariasi, panas, hujan, dingin, salju, memungkin tipe rem rim brake dan disk brake mengalami kegagalan. sehingga yang cukup baik adalah rem tromol dan rem pedal. rem pedal ini cukup unik karena dengan menahan pedal maka sepeda akan berhenti, akan tetapi biasanya hanya ada di sepeda dengan 1 gear ratio. rem tromol merupakan jenis rem yang paling digemari karena rendah perawatan, tahan lama, dan memiliki efektivitas yang sama pada kondisi salju, atau hujan lebat dan licin.

rem tromol berwarna hitam pada roda belakang,
tromol berwarna putih pada gambar ini menunjukkan adanya gear hub
(kolpri)

rem tromol roda depan berwarna abu abu (kolpri)
kondisi cuaca yang bervariasi juga menyebabkan banyaknya kotoran yang dapat menempel pada sepeda, untuk itu sepeda diharapkan dicuci setidaknya 1 bulan sekali. rantai adalah salah satu bagian sepeda yang penting untuk dilindungi dari kotoran, untuk itu perlu dipilih sepeda yang memiliki pelindung rantai yang lengkap.
penutup rantai sepeda (kolpri)


dengan naik sepeda biasa akan merepotkan apabila belanjaannya banyak. untuk itu rata-rata sepeda di belanda memiliki tas sepeda, di indonesia tas ini sering digunakan di sepeda motor untuk berdagang atau oleh kurir.
gambar tas sepeda (kolpri)

bersepeda di belanda juga harus dilengkapi dengan lampu depan berwarna putih atau kuning, dan lampu belakang berwarna merah. hal ini cukup menarik. karena termasuk negara dengan letak lintang yang tinggi, maka pergerakan siang dan malam akan cepat berubah, pada suatu waktu malam bisa sangat panjang, pada suatu waktu siang bisa sangat panjang. untuk mengakomodasi pesepeda yang bersepeda di waktu malam, maka diwajibkan menghidupakan lampu untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan.

lampu belakang dalam keadaan mati (kolpri)

lampu belakang dalam keadaan hidup, menggunakan baterai (kolpri)

lampu depan dalam keadaan mati (kolpri)

lampu depan dalam keadaan hidup (kolpri)


sepeda juga diwajibkan dilengkapi dengan bel sepeda untuk memberi aba aba mendahului.

helm tidak diwajibkan digunakan di belanda. akan tetapi resiko ada pada pengendara.

sepeda tidak memiliki riting, bagaimana membelok? cukup menjulurkan tangan kanan ke kanan untuk membelok ke kanan, dan tangan kiri ke kiri untuk belok ke kiri.

kalau tidak ada jalur sepeda, pesepeda tidak boleh melewati jalur pejalan kaki. hal ini akan membahayakan karena jalur pejalan kaki bisasanya memiliki tekrtur yang tidak rata, dan akan membahayakan pejalan kaki.

mau beli sepeda di wageningen ?

pada saat ini ada beberap penjual sepeda bekas terpercaya yang murah di wageningen.
1. Fiki Fiets
2. Jo Phelocycle
untuk pilihan yang lain bisa
hardonk fietsen

ataupun jika menginginkan sepeda baru bisa ke toko sepeda yang banyak tersebar di wageningen


No comments:

Post a Comment