Sunday, February 25, 2018

Makanan halal di Wageningen

Mengkonsumsi makanan halal merupakan kewajiban umat muslim dimana pun berada. Tinggal di Wageningen, Belanda merupakan tantangan tersendiri. Label halal tidak tersedia di setiap produk. Berikut ini akan saya paparkan secara singkat dasar dasar secara keilmuan untuk mencari dan menentukan produk halal.

Jenis makanan halal dan cara memperolehnya:
Pada dasarnya Semua makanan halal kecuali yang haram yaitu

  • Babi dan turunannya
  • Mengandung babi dan turunannya
  • Khamr dan turunannya
  • Mengandung khamr dan turunannya
  • Darah, bangkai, dan bagian dari badan manusia
  • Mengandung Darah, bangkai, dan bagian dari badan manusia
  • Diolah di lokasi tidak bebas babi
  • Tercampur bahan haram atau najis yang didapat dari bahan tambahan atau lingkungan 



mengetahui turunan babi sangat sukar karena hampir semua bagian dari babi dapat diolah menjadi makanan maupun bahan pendukung lainnya. untuk mudahnya gambar ini dapat digunakan sebagai bantuan.



Makanan dari hewan yang halal adalah berasal dari spesies yang halal dan disembelih sesuai hukum islam. Ikan dan hewan air lainnya adalah halal. yang biasa menjadi bahan diskusi adalah sapi dan kambing maupun hewan dari spesies halal lainnya yang tidak diketahui apakah disembelih sesuai hukum islam atau tidak. Disebutkan bahwa penyembelih dibolehkan merupakan ahli kitab. Akan tetapi perlu diperhatikan pula bahwa semakin banyak atheis di belanda, sehingga ada kemungkinan penyembelih adalah orang atheis.
Berkembangknya teknologi penyembelihan hewan juga perlu diperhatikan:

  • Pada saat ini banyak penggunaan mesin untuk menyembelih hewan. 
  • Hal lainnya adalah penggunaan metode pemingsanan hewan yang kemungkinan membuat hewan tersebut mati sebelum disembelih. beberapa metode populer yang digunakan adalah disetrum maupun ditembak kepalanya dengan tujuan memingsankan. akan tetapi ada kemungkinan menyebabkan kematian
Untuk itu disarankan untuk membeli daging yang berasal dari toko halal, atau toko turki. Di wageningen tersedia sebuah toko halal yang bernama Zam Zam




Di sekitaran Ede juga tersedia toko Turki yang menyediakan daging halal dengan nama Lale Market



Atau mau langsung ke tempat penyembelihannya bisa ke Diepeveen Herveld B.V.


Makanan cepat saji halal juga ada walaupun terbatas, disarankan untuk mencari makanan turki salah satu contohnya adalah Turks Eethuis Ilayda


Salah satu makanan favorit saya di sini adalah Kapsalon
sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Kapsalon
Di beberapa kota di belanda ada beberapa restoran turki yang terkenal juga
Utrech, Dar Al Maghreb, menu terkenalnya adalah Spare Ribs


Di Groningen juga ada Ozan Doner kebap, menu terkenalnya adalah Spare Ribs




produk turunan babi sangat banyak, beberapa hal yang dapat dengan mudah diidentifikasi antra lain
Gelatin
gelatin digunakan dalam berbagai macam produk dari permen hingga puding. Gelatin yang ada di dalam bahan makanan di Belanda hampir dipastikan berasal dari babi, sehingga sebelum membeli makanan maupun minuman perlu memperhatikan hal ini. salah satu indikator mudah untuk melihat penggunaan gelatin adalah:
  • produk kenyal seperti gummy bear
  • Produk mengkilat sepert pie
sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Gummy_bear
Akan tetapi tidak semua produk mudah diidentifikasi. sebagai contoh, saya pernah menemukan permen mint yang mengandung gelatin. yaitu wilhelmina mint candy. Bahkan pada website disebutkan secara terbuka, cek https://www.wilhelminapepermunt.nl/en/ingredients/. 
sumber: https://www.wilhelminapepermunt.nl/
Keraguan muncul pada produk mengandung E number, terutama yang termasuk emulsifier. Berikut adalah E number yang termasuk:

  • Emulsifier:
    • E322 lesitin dari kedelai dan telur ayam
    • E431, 432, 433, 435, 436, 470, 471, 472, 473, 474, 475, 477, 478, 479, 481, 482, 483, 484,  491, 492, 493, 494, 495 campuran asam lemak
  • Lemak
    • E570-571, 572, 573 asam stearate

Umum pada kemasan untuk mencantumkan asal dari E number ini, apakah dari tanaman atau hewan. akan tetapi bila tidak dicantumkan hal yang perlu diketahui adalah asam lemak yang digunakan untuk produksi emulsifier dan lemak biasanya berasal dari produk termurah, yaitu tanaman. akan tetapi masih ada kemungkinan sumber asam lamak adalah binatang, termasuk babi.

Alkohol / khamr
Minuman alkohol 0%
ditujukan untuk konsumen yang tidak menginginkan kandungan alkohol di dalam minuman alhohol, tetapi masih ingin rasa dan aromanya. Minuman jenis ini tetap diproduksi melalui jalur khamr, yang kemudian alkoholnya dibuang. Dengan prinsip tujuan pembuatan adalah Khamr, maka produk ini haram. Hal yang perlu diperhatikan pula adalah prinsip kehati hatian. Segala produk yang memiliki sifat mirip maka lebih baik dihindari.

Berikut adalah data dari Heineken 0.0
https://www.heineken.com/Heineken00/FAQ
https://www.heineken.com/Heineken00

PRODUCT
Brewing a great tasting 0.0% alcohol lager beer, is it even possible?
Our master brewers started from zero and spent years exploring, brewing, and tasting before they finally created a recipe defined by its refreshing fruity notes and soft malty body – perfectly balanced. One that deserves the Heineken mark. Of course with the uncompromising Heineken characteristics since 1873: natural ingredients and Heineken’s unique A-Yeast.
It wasn’t easy, but not impossible.

BREWING PROCESS
Heineken 0.0 is twice brewed and fermented with Heineken's unique A-yeast from natural ingredients with gentle alcohol removal and blending to achieve a fruity flavour and slight malty notes.

STEP 1
We start with natural beer ingredients:
water, barley, malt, hop extract.

STEP 2
Twice brewed and fermented
with Heineken's unique A-yeast.

STEP 3
We gently remove the alcohol
in a natural process.

STEP 4
The beer is then blended by the brewmaster
to achieve a fruity flavour and slight malty notes.

STEP 5
The new Heineken is finally born.
And bottled at 0.0%.

Is there any alcohol in Heineken 0.0?  Can I drink it safely (being pregnant, before driving, while taking medicine)?

Heineken 0.0 contains less than 0,03% alcohol so as such it is a non-alcohol beer.
Sumber: https://www.heineken.com/Heineken00


Sangat mudah diidentifikasi pada produk minuman. akan tetapi apabila dalam bentuk makanan perlu perhatian lebih. Biasanya dapat diidentifikasi dengan aroma dan rasa yang alkohol menyengat. beberapa makanan yang sering diolah menggunakan khamr adalah
Tiramisu. Di indonesia, produk ini sangat mudah ditemui tanpa khamr, akan tetapi di Belanda, sebagian besar diproduksi dengan khamr. contoh resep bisa dilihat di sini http://www.foodnetwork.com/recipes/food-network-kitchen/tiramisu-recipe-2131631

sumber: http://www.foodnetwork.com/recipes/food-network-kitchen/tiramisu-recipe-2131631
Coklat. beberapa produk coklat memasukkan Khamr sebagai filling di dalam permen coklat. sehingga pada saat dikunyah, khamr tersebut akan keluar. salah satu produk yang terkenal adalah Mon Chéri dari Ferrero. https://www.ferrero.nl/mon-cheri

Sumber: http://www.candyblog.net/blog/category/alcohol/P8


Sushi merupakan makanan berbasis nasi dan ikan dari Jepang. dalam pembuatan nasi untuk Sushi, digunakan beberapa bumbu, antara lain rice vinegar dan mirin. kedua bumbu ini perlu diperhatikan.
Rice vinegar atau cuka beras bisa dibuat dari sake, atau khamr dari beras lainnya. walaupun ada kemungkinan lain bahwa rice vinegar dibuat langsung tanpa melalui tahap menjadi khamr. Prinsip yang berlaku di sini adalah prinsip tujuan. Sedangkan mirin adalah rice wine, merupakan khamr. kedua produk itu harus dihidari dalam memilih atau membuat sushi.
Sumber: http://www.shogunwilliston.com/



Sumber: https://www.lynnskitchenadventures.com/2012/08/adding-flavor-with-rice-vinegar.html


Sumber: https://www.bonappetit.com/story/what-is-mirin-how-to-substitute



Tulisan ini akan terus diupdate. Bersambung.

No comments:

Post a Comment