Tuesday, February 27, 2018

Menghemat pemakaian energi di belanda

Biaya energi di belanda cukup tinggi. Hal ini akan dirasakan khususnya oleh orang indonesia yang sudah lama menikmati subsidi energi di Indonesia. Terutama pada orang yang membayar sendiri biaya energinya (tidak termasuk ke dalam harga sewa). Pengalaman tahun pertama saya di apartement dengan pemanas air dan ruangan berasal dari gas, dan listrik digunakan untuk penerangan dan alat listrik lainnya cukup menarik. kami setiap bulan sudah membayar 107 euro per bulan untuk gas dan listrik, pada akhir tahun kami harus menambah 521 euro untuk kelebihan yang kami gunakan. Dalam satu tahun, dari total 1805 euro yang kami bayar, biaya gas sebesar 1322 euro. di sini kami menggunakan pemanas ruangan berlebihan. pemanas kami set hingga 28 C. sehingga kami mengambil kesimpulan biaya gas sangat mahal.

Kami sudah pernah memakai dua jenis penyedia energi di belanda NUON dan Engie. sepanjang pengalaman kami hampir tidak ada beda antara kedua penyedia tersebut. katanya Engie lebih murah, seperti yang terlampir di tabel di bawah ini







melihat kondisi tersebut pada tahun kedua kami pindah ke apartement dengan pemanas ruang sentral. pada kesempatan kali ini kami hampir tidak pernah menggunakan pemanas ruangan, bahkan di musim dingin. kami hanya menghidupkan pemanas hanya saat turun salju, atau suhu minus untuk mencegah radiator beku. untuk itu kami melakukan beberapa tindakan. yang paling mudah dilakukan adalah memakai baju rangkap, saya bahkan memakai 4 lapis baju dan celana panjang.

kedua adalah menggunakan selimut tebal dan selimut listrik. selimut listrik hanya memiliki daya 55 W untuk single dan 110W untuk double. Apalagi pemakaian waktu malam akan mendapatkan diskon daya.

kami juga memakai kaos kaki super tebal untuk mencegah coold feet, jangan lupa sendal setiap saat.



untuk cadangan kami juga menyiapkan pemanas listrik. pemanas ini berdaya 2200W. akan tetapi kami ternyata sangat jarang menggunakannya.


Untuk memasak kami menggunakan electric plate, oven listrik, dan microwave.

urusan cuci mencuci kami menggunakan mesin cuci dan pengering baju. penggunaan pengering baju ini sangat menghemat waktu dan tempat. tidak memerlukan gantungan baju untuk mengeringkan pakaian.


kami mengganti semua lampu menjadi LED atau fluorescent. LED memiliki efisiensi yang paling tinggi, diikuti oleh fluorescent, kemudian terakhir adalah lampu pijar dan halogen. 





punya saran yang lain? tulis di bawah ya...

No comments:

Post a Comment